Thursday, October 8, 2015

Konsep Fisika Dalam Pertimbangan Untuk Menentukan Posisi Persalinan

Konsep Fisika Dalam Pertimbangan Untuk Menentukan Posisi Persalinan - Proses persalinan atau dikenal juga sebagai proses melahirkan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi setelah 40 minggu. Konsepsi atau pembuahan dikatakan juga sebagai pertemuan antara sel telur dan sperma. Sel telur yang telah dibuahi akan membelah dan berkembang menjadi embrio dan selanjutnya setelah usia kehamilan 12 minggu, disebut sebagai janin. Proses kehamilan normal umumnya berlangsung selama lebih kurang 40 minggu, dan setelah itu janin akan siap untuk keluar dari rahim, karena setelah 40 minggu, kualitas air ketuban menurun yang dapat meracuni janin, dan ukuran rahim sudah terlalu kecil untuk janin.

Seperti telah diketahui bahwa proses kehamilan dan persalinan adalah proses alamiah yang telah berlangsung sejak adanya manusia di bumi ini. Oleh sebab itu perkembangan janin dalam rahim akan mengikuti proses alamiah. Janin akan tumbuh dalam rahim dan menempati posisi yang sedemikian rupa, dengan tujuan untuk memudahkan proses persalinan. Ilmu Fisika yang merupakan bagian dari ilmu alam, dapat digunakan untuk menjelaskan proses perkembangan janin ini dalam ketuban, sehingga ilmu Fisika khususnya dalam bidang mekanika dapat dimanfaatkan untuk mempertimbangkan posisi persalinan.

Proses perkembangan janin di dalam rahim diawali dengan proses konsepsi atau pembuahan atau bertemunya sel telur dan sperma. Minggu pertama hingga mencapai hari ke 50, pertumbuhan embrio belum nampak jelas berwujud manusia, karena pada saat ini sedang dibentuk organ luar, seperti tangan, kaki, telinga, wajah, dan jantung. Setelah 50 hari sejak terjadi konsepsi, embrio mulai terlihat seperti manusia, dan organ dalam mulai terbentuk, demikian pula jantung sudah mengambil alih peredaran darah, yang sebelumnya dilakukan oleh tali pusat. Selama perkembangan ini, posisi janin adalah duduk dengan kepala di sebelah atas, dan agak menunduk.

Ukuran janin pada usia 8 minggu sekitar 40 mm, sedangkan pada saat lahir mencapai 50 cm. Oleh karena proses pertumbuhan tubuh berlangsung sangat cepat, maka pada minggu ke 28, janin mulai berputar, dan mempunyai posisi kepala dibawah dan bokong di atas. Posisi ini menetap hingga usia kehamilan 40 minggu, saat janin siap untuk lahir.

No comments:

Post a Comment