Sunday, October 11, 2015

Rumus Kecepatan dan Kelajuan Dalam Ilmu Fisika

Dalam fisika kelajuan & kecepatan mengandung arti yg berlainan. Tidak Jarang berlangsung kesalahan umum berkenaan kelajuan & kecepatan . Umpamanya mobil bergerak 70 km/jam, sehingga dikatakan Mobil bergerak bersama kelajuan 70 km/jam bukan kecepatannya. Kelajuan termasuk juga besaran skalar lantaran tak bergantung terhadap arahnya. Maka kelajuan senantiasa berharga positif. Fasilitas yg dipakai utk mengukur kelajuan merupakan spidometer. 

Dengan Cara Apa trik tentukan seberapa segera kedudukan sudah beralih? Pasti anda dapat bakal menjawabnya sesudah menuntut ilmu kecepatan. Misal, satu orang berlari 10 m/s ke arah barat. Dari pendapat tersebut akan ditarik rangkuman bahwa kelajuan pelari tersebut 10 m/s, sedangkan kecepatannya yakni 10 m/s ke arah barat. Kecepatan termasuk juga besaran vektor sebab bergantung terhadap arahnya. 

Yang pertama yakni saya akan menjelaskan terkait dengan Kecepatan. Bersama kata lain kecepatan yakni perpindahan selagi selang ketika tertentu. Jikalau kecepatan, kelajuan dinyatakan dgn v, perpindahan, jarak dinyatakan s & diwaktu tempuh t dengan cara matematis dirumuskan :

Keterangan :
v = kecepatan, kelajuan (m/s)
s = perpindahan, jarak (m)
t = waktu tempuh (s)

Misal dari gambar di atas perpindahaan Δx (delta x) ditempuh dalam selang kala Δt (delta t), sehingga kecepatan kebanyakan v dirumuskan :

Keterangan :
= Kecepatan rata-rata (m/s)
Δx= Selisih perpindahan (m)
Δx = x2 – x1
Δt = Selisih waktu tempuh (s)
Δt = t2 – t1
Δ = delta
V=Δx/Δt

Sedangkan untuk rumus kelajuan adalah sebagai berikut :
Keterangan :
= kelajuan rata-rata (m/s)
Σ s = jarak total (m)
Σ t = waktu tempuh total (s)
Σ = sigma
V=Σs/Σt 

No comments:

Post a Comment